Advertisement

3 Tipe dan Karakteristik Rumah minimalis


Sahabat Rumah Tipe rumah yang dipasarkan pada suatu perumahan pada lazimnya diberi nama berdasarkan luas tanah dan bangunan rumah. Namun, ada pula beberapa pengembang perumahan yang memberi nama tipe rumah dengan nama-nama lain seperti dengan nama barang, nama bunga, nama planet, dan nama lain sesuai selera serta trik pemasaran dari pengembang tersebut. 
 
3 Tipe dan Karakteristik Rumah minimalis
Tampak Depan Rumah Minimalis
Rumah tinggal minimalis merupakan tempat tinggal berlantai satu yang mampu berfungsi sebagai tempat berlindung dan bernaung dari pengaruh keadaan alam di sekitarnya. Rumah minimalis tidak mengandung unsur-unsur kemewahan, namun tetap tidak mengeyampingkan keelokan ataupun estetika.
Terdapat 3 tipe rumah yang digolongkan ke dalam rumah minimalis, ialah tipe 36, 45, dan 60. Berikut merupakan uraian lebih lengkap mengenai tipe-tipe rumah tersebut.

Rumah Minimalis Tipe 36

3 Tipe dan Karakteristik Rumah minimalis
Denah Rumah Tipe 36

Rumah tipe 36 merupakan rumah yang memiliki luas bangunan 36 m2. Contohnya merupakan sebuah rumah dengan dimensi 6m x 6m = 36 m2. Rumah tipe 36 ini mampu dibentuk di atas tanah seluas 60 m2 ataupun 72 m2. Jadi biasanya rumah tipe ini disebut dengan rumah tipe 36/60 ataupun 36/72. Tipe rumah 36 biasanya memiliki 2 kamar tidur, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur, dan 1 kamar mandi. Rumah tipe 36 cocok untuk Anda yang sudah memiliki anak, namun menginginkan rumah yang tidak sangat besar. 


Luas rumah tipe 36 yang terbatas membuat pemiliknya harus pintar-pintar menata ruang dan meningkatkan beberapa ornamen agar rubrik tidak nampak kecil. Hal ini mampu diawali dari pemilihan beberapa barang yang ditaruh pada rubrik. Contohnya merupakan pemilihan kursi. Pilihlah kursi yang tidak membuat rubrik menjadi kecil.

Rumah Minimalis Tipe 45

3 Tipe dan Karakteristik Rumah minimalis
Denah Rumah Tipe 45

Rumah tipe 45 merupakan tipe rumah yang memiliki luas bangunan 45 m2, contohnya dimensi rumah seperti 6 meter x 7, 5 meter ataupun 8 meter x 5, 6 meter. Rumah tipe 45 ini biasanya dibentuk di atas tanah seluas 96 m2. Maka, rumah tipe ini kerap juga disebut dengan rumah tipe 45/96. rubrik yang biasanya ada pada rumah tipe ini antara lain 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, carport, dan teras rumah yang cukup luas. 


Ruang yang tidak sangat luas harus membuat kita pintar-pintar dalam menata ruang kamar tidur, mulai dari penempatan kasur, meja, lemari, dan barang yang lain. Halaman yang ada pada rumah tipe ini juga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dengan pemilihan tanaman yang tidak sangat besar, namun tetap bisa menciptakan atmosfer asri pada rumah.

Rumah Minimalis Tipe 60

 
3 Tipe dan Karakteristik Rumah minimalis
Denah Rumah Tipe 60
Rumah tipe 60 biasanya memiliki dimensi bangunan 6 meter x 10 meter. Rumah ini sudah cukup luas dengan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, ruang keluarga, garasi mobil, dan teras rumah. Rumah tipe 60 sudah mampu dikatakan cukup lega, namun dengan harga yang masih terjangkau.
(sumber disarikan dari : https:// www. arsitag. com/article/rumah-sederhana-tipe-36-45-60)
Jangan Lupa SHARE YA…

Berlangganan Update Artikel Rumahku Istanaku Gratis: