7 Tips Memilih TV yang pas untuk Rumah Minimalis Anda


Sahabat Rumah, mau  beli tv baru? Jangan buru-buru, coba pelajari gimana cara memilah TV yang pas untuk rumah minimalis anda! biar Anda tidak menemukan penyesalan ataupun ketidakpuasan di masa mendatang. Bicara soal memilah, tentu tidak terlepas dari kaedah-kaedah tertentu. Seperti memilah model yang sesuai selera, dimensi ataupun dimensi yang membiasakan luas rubrik, dan lain sebagainya. yup, biar Anda paham gimana cara menentukan TV yang baik dan cocok untuk rumah minimalis Anda, maka ikuti beberapa tips penting di bawah ini! 

7 Tips Memilih TV yang pas untuk Rumah Minimalis Anda
Ruang Menonton TV

Kiat-kiat memilih TV yang pas dan Bijak

1. Memahami perbandingan tipe TV

Hal pertama yang perlu dilakukan merupakan mengenal dan memahami lebih dulu apa saja perbandingan antar tipe TV yang tersebar di pasaran. Saat ini, tipe tv dibagi menjadi 3 berbagai, ialah TV Plasma, LCD, dan LED. Masing-masing tipe memiliki perbandingan yang cukup signifikan, di antara lain merupakan: 

TV Plasma, adalah tipe TV paling murah dari yang lain. Karena lebih terjangkau, maka teknologi yang diusungnya juga sedikit tertinggal. Maksud tertinggal disini merupakan terdapat beberapa fitur baru yang belum dimiliki oleh tv tipe ini, tetapi sudah dilansir oleh tipe tv lain. tidak hanya itu, ia memiliki desain bodi yang jauh lebih tebal dibanding TV LCD ataupun LED. walaupun begitu, tidak sedikit dari masyarakat yang tetap memilah TV plasma sebagai sahabat santainya di rumah. 

TV LCD dan LED, bisa dibilang seperti saudara kembar. Keduanya memiliki teknologi yang sama, ialah layar tipe LCD. Hanya saja, pada TV LCD ia masih mengusung teknologi CCFL ataupun Cold Cathode Fluorescent Lamps sebagai backlight-nya. CCFL populer dengan sifatnya yang boros tenaga. sampai-sampai, tidak jarang pengguna TV tipe ini mengeluhkan tagihan listrik yang selalu di atas rata-rata. Berbeda dengan TV LED. tv tipe ini telah memakai LED Lamp yang jauh lebih hemat dalam mengkonsumsi daya listrik. sampai-sampai akan jauh lebih murah untuk semua golongan pengguna. 

Lihat disini untuk uraian perinci perbandingan TV Tabung, Plasma, LCD dan LED

2. Pertimbangkan Rasio Kontras

Setiap tv memiliki keahlian untuk menunjukkan gambar dengan kontras terang dan gelap dalam waktu bersamaan. keahlian tersebut biasa diistilahkan sebagai Rasio Kontras. Secara umum, semakin besar rasio kontras yang dimiliki sebuah TV, maka mutu gambar yang sanggup ditampilkannya akan semakin besar pula. Pilihlah tv yang menawarkan rasio kontras cukup besar, sampai-sampai akan memberi kepuasan yang besar bagi Anda.

3. Pertimbangkan Half Life

Dalam kemasan produk TV biasanya tercantum data mengenai Half Life (paruh hidup). Istilah ini maksudnya menjelaskan rentang waktu dimana suatu tv hanya sanggup memberikan brightness ataupun kecerahan layar sebesar 50% dari keahlian yang dimiliki sebuah tv baru. Pada lazimnya, masing-masing tv memiliki half life yang berbeda. Semakin lama nilai half life yang dimiliki suatu tv, maka semakin pas untuk diseleksi.

4. Pertimbangkan mengkonsumsi Listrik

Menjadi hal yang krusial bagi kita semua untuk mencermati permasalahan mengkonsumsi listrik pada sebuah tv baru. Dari ketiga tipe tv yang ada di pasaran, TV Plasma adalah tipe paling boros dibanding yang yang lain. Sebagai cerminan, TV Plasma membutuhkan mengkonsumsi listrik 50% lebih besar dari kebutuhan TV LCD. sedangkan tipe paling murah merupakan TV LED, dimana nilai mengkonsumsi listrik yang dibutuhkan hanya sekitar 40% dari mengkonsumsi keseluruhan yang dibutuhkan TV LCD.

5. Pertimbangkan Harga

Beberapa tahun yang lalu, harga adalah tolak ukur dalam menyamakan mutu dan mutu suatu produk. Namun berbeda dengan sekarang, dimana tidak selalu barang yang harganya mahal jauh lebih baik dan bernilai dari barang sejenis yang lebih murah. Semua kembali pada penilikan terhadap barangnya langsung. sampai-sampai, jangan biasa tergiur dengan tv yang dikemas apik dan berbandrol mahal. Bisa jadi merk ataupun tipe TV yang berbeda dan harganya lebih murah dari itu malah jauh lebih baik serta memuaskan.

6. Prioritaskan TV Bergaransi

Sudah menjadi etika belanja sejak dulu, bahwa barang yang memiliki garansi jauh lebih utama dibanding barang sejenis yang dijual tanpa garansi. Selalu pastikan bahwa tv yang Anda beli memiliki dokumen-dokumen lengkap berkaitan dengan sarana garansi yang ada. Jangan sampai pada kemasan tertulis ‘Bergaransi 1 Tahun, ’ tetapi tidak ada satu dokumen juga yang Anda membawa kembali sebagai prosedur utama untuk menebus garansi di setelah itu hari. tidak hanya itu, usahakan garansi yang berlaku dari toko tempat pembelian TV merupakan garansi resmi dari si vendor, bukan cuma garansi dari pemilik tokonya.

7. Perhatikan posisi Service Center

Setiap merk tv memiliki kantor service center-nya masing-masing. Hal ini masih berkaitan dengan permasalahan garansi. bila membolehkan, belilah tv yang memiliki garansi resmi serta ada kantor service center yang cukup dekat dengan rumah Anda. sampai-sampai bila suatu hari TV Anda bermasalah, Anda bisa membawanya ke toko tempat Anda membeli dan akan langsung dialihkan ke service center terdekat untuk diperbaiki. Semakin dekat posisi service center dari alamat toko, tentu semakin kilat penindaklajutannya, bukan. 

disarikan dari : https:// www. arjunaelektronik. com/tips-memilih-tv-yang-tepat-untuk-rumah-anda/

Berlangganan Update Artikel Rumahku Istanaku Gratis: