8 Cara dan Tips Memasang Regulator Kompor Gas Dengan Baik dan Aman di Rumah Minimalis Anda


Cara dan Tips Memasang Regulator Kompor Gas dibutuhkan ketelitian dan harus hati-hati. bila Anda salah dalam memasang regulator kompor gas maka beresiko menimbulkan kebocoran gas yang mampu menimbulkan kebakaran pada rumah minimalis anda ataupun ledakan tabung gas. Agar anda aman dari hal tersebut, perhatikan cara memasang regulator kompor gas dengan baik dengan benar berikut ini: 
8 Cara dan Tips Memasang Regulator Kompor Gas Dengan Baik dan Aman di Rumah Minimalis Anda
Regulator Kompor Gas

1. Pastikan Perputaran Udara Di Dapur Bagus

8 Cara dan Tips Memasang Regulator Kompor Gas Dengan Baik dan Aman di Rumah Minimalis Anda
Sirkulasi Udara Di Dapur

Sebelum memasang regulator kompor gas pada mulut tabung gas, alangkah lebih baik bila Anda pastikan terlebih dahulu perputaran udara di dapur bagus. Tujuannya merupakan bila terjadi kebocoran gas, maka gas mampu mengalir keluar sampai-sampai gas tidak berputar-putar di sekitar rubrik. triknya ialah bisa dengan membuka pintu dapur, membuka jendela, ataupun membenarkan ventilasi dapur tidak tersumbat debu. bila gas yang bocor tersebut bercampur dengan udara disekitar dapur, setelah itu Anda berupaya menyalakan api kompor maka akan menimbulkan kebakaran.

2. Pastikan Tabung Gas Yang Baru Tidak Bocor

8 Cara dan Tips Memasang Regulator Kompor Gas Dengan Baik dan Aman di Rumah Minimalis Anda
Pengaman Tabung Gas

Saat membeli tabung gas elpiji yang baru, Anda tidak bisa mengecek secara langsung apakah tabung tersebut baru ataupun tidak. Biasanya pertamina akan mengisi ulang tabung yang sama secara berulang kali sepanjang periode tertentu. Bisa saja permukaan tabung gas tersebut sudah berkarat dan berlubang. Untuk dapat memastikan tabung gas yang baru tidak bocor, Anda bisa memakai air sabun. Tidak perlu direndam dalam air sabun, cukup oleskan permukaan tabung gas dengan air sabun. bila timbul gelembung udara berarti tabung gas tersebut bocor. walaupun kebocorannya sangat kecil, namun lama kelamaan mampu memicu hal yang tidak dinginkan. 

3. Lakukan Pengecekan Kondisi Rubber Seal Tabung Gas

 
8 Cara dan Tips Memasang Regulator Kompor Gas Dengan Baik dan Aman di Rumah Minimalis Anda
Rubber Seal Tabung Gas
Rubber seal berfungsi untuk menahan tekanan jarum regulator pada mulut tabung gas dan menghindari agar regulator tidak mudah lepas. Karena rubber seal dibuat dari karet, bila dipakai secara selalu maka tingkatan kelenturannya akan menyusut dan menjadi longgar. Kondisi ruber seal yang baik sepatutnya bisa menahan jarum regulator agar terus menancap pada mulut tabung gas. Sebelum memasang regulator pada tabung gas, hendaknya Anda cek terlebih dahulu kondisi rubber seal. bila sudah tidak bagus masa lekas ditukar dengan yang baru.

4. Cara Pemasangan Regulator Kompor Gas Tegak Lurus Dengan Tabung Gas

8 Cara dan Tips Memasang Regulator Kompor Gas Dengan Baik dan Aman di Rumah Minimalis Anda
Regulator Tegak Lurus

Cara memasang regulator yang benar merupakan tegak lurus dengan tabung gas. Tujuannya merupakan agar jarum regulator mampu menancap pada mulut tabung gas. Pastikan apakah regulator yang Anda pasang sudah tegak lurus dengan tabung gas. setelah itu tekan regulator secara kokoh dengan tangan Anda hingga menancap pada tabung gas. Sesaat sehabis jarum regulator menancap, akan tercium bau gas karena ada sedikit gas yang keluar dari mulut tabung. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut karena memang sudah wajar. bila posisi regulator miring namun tetap Anda tekan secara paksa maka regulator bisa rusak. paling utama bagian jarum regulator yang berfungsi untuk membuka mulut tabung gas.

5. Putar Kunci Regulator Kompor Gas Agar Tidak Bocor

sehabis regulator menancap dengan benar pada mulut tabung gas, putar kunci regulator hingga 360 derajat searah jarum jam. Pengunci regulator ini bertujuan agar regulator tidak bisa lepas dari mulut tabung gas dan menghindari terbentuknya kebocoran gas. Sebailknya bila tabung gas sudah habis dan Anda mau berhasil mengubahnya dengan yang baru, putar pengunci regulator sebaliknya arah jarum jam dan setelah itu lepaskan regulator dari mulut tabung gas.

6. Pastikan Tidak Terdengar Bunyi Mendesis

Regulator kompor gas yang terpasang dengan benar tidak akan memunculkan kebocoran. bila Anda ragu dengan regulator yang sudah Anda pasang, cukup pastikan apakan Anda mencium bau gas yang sangat menusuk ataupun tidak. tidak hanya itu kebeocoran gas akibat pemasangan regulator yang tidak bener juga bisa diketahui dari bunyi aneh yang dihasilkan oleh regulator. saat Anda mendekatkan kuping Anda pada regulator maka akan terdengan bunyi mendesis seperti ular akibat dari gas yang mengalir keluar melalui sela-sela regulator. bila terjalin demikian, lekas putar pengunci dan lepaskan regulator. setelah itu ulangi cara memesang regulator dengan benar. bila tetap terdengan bunyi mendesis, itu berarti regulator Anda sudah harus ditukar dengan yang baru.

7. Lakukan Pengecekan Nyala Api Pada Kompor

Langkah terakhir merupakan mengecek apakah gas mampu mengalir dari tabung gas mengarah kompor. cek nyala api pada kompor apakah mampu menyela dengan baik, tersendat-sendat, ataupun tidak menyala sama sekali. bila kompor gas tidak bisa mneyala berarti regulator Anda tidak bisa berfungsi dengan baik ataupun Anda salah dalam memasang regulator pada mulut tabung gas.

8. Pastikan ketika pemasangan Regulator Kompor Gas, Anda Tidak Dalam Keadaan Merokok

Terkadang kita lupa akan keselamatan kita sendiri. contohnya kita merokok pada saat memasang regulator kompor gas sehingga kemungknan terjadinya kebakaran akan semakin besar. Jadi Pastikan keamanan diri kita sendiri barulah keamanan di sekitar kita.

Berikut Gambar Tahapan Pemasangan Regulator Kompor Gas dan Pengamanannya

8 Cara dan Tips Memasang Regulator Kompor Gas Dengan Baik dan Aman di Rumah Minimalis Anda
Langkah Pengamanan Tabung Gas Dan Kompor Gas



 

Cek Harga Kompor Gas Dan Tabung Gas

Demikian beberapa cara pemasangan regulator kompor gas pada tabung gas secara baik dan aman. bila dipasang dengan benar maka tidak akan terdengar bunyi mendesis, mencegah terjadinya kebocoran gas, dan api kompor gas mampu menyala dengan bagus
Jangan Lupa Share Ya… Sebarkan Manfaat Kepada Orang Lain. Trims

Berlangganan Update Artikel Rumahku Istanaku Gratis: