Rancangan Membersihkan Udara Dalam Rumah Secara Alami

Cara alami membersihkan udara di dalam rumah sehat. Tingkat polusi udara di dalam rumah kita ternyata hampir sama dengan yang kita hirup di luar rumah, bahkan bisa lebih tinggi. Mungkin ini tidak masuk akal, namun inilah faktanya lantaran memang kita menghirup udara di dalam rumah hampir sepanjang waktu. Mulai dari kasur yang kita pakai tidur setiap hari, pakaian, piyama, jamur, debu, sisa masakan dan benda-benda lain menjadi penyebab utama polusi udara dalam rumah kita. Itulah sebabnya kita harus rutin membersihkan udara dalam rumah kita dan melaksanakan pencegahan supaya udara dalam rumah tetap segar alami.

Cara alami membersihkan udara di dalam rumah sehat Rancangan Membersihkan Udara Dalam Rumah Secara Alami
Membersihkan Udara Dalam Rumah Secara Alami (livecleantoday.com)

Zat beracun banyak ditemukan pada insektisida, perekat, shampo, krim cukur, karpet dan peralatan rumah tangga lainnya. Zat ini banyak ditemukan dalam kandungan asap rokok yang menjadi faktor utama polusi udara dan sanggup mengakibatkan komplikasi fatal, tidak hanya bagi perokok aktif tapi juga perokok pasif. Bahan kimia dari cat, pernis kayu, produk rambut dan kuku, produk pembersih dan deterjen, semuanya berkontribusi terhadap polusi udara di dalam rumah kita. Sangat mengejutkan memang, begitu banyak kontaminan yang berpotensi berbahaya ada di dalam rumah kita.
Baca juga: 9 Cara Merawat Rumah Agar Sehat dan Bersih

Membuat udara rumah higienis tidak hanya harus dilakukan oleh pemilik rumah di kota besar, tapi di setiap rumah. Cara terbaik untuk membersihkan udara dalam rumah ialah dengan metode alami dan menghindari tugas pembersih kimia. Kita menghabiskan banyak waktu di dalam rumah, bernapas dengan udara higienis harus menjadi prioritas utama.

Cara Alami Membersihkan Udara di Rumah :

Mengatur Ventilasi Udara
Rumah dengan ventilasi yang baik bisa mengurangi tingkat kelembaban, yang merupakan problem utama dalam kasus kualitas udara dalam ruangan. Ventilasi yang baik bukan berarti harus membuka semua jendela dan membiarkan semua polusi udara luar masuk ke ruang rumah Anda. Tempatkan ventilasi udara di kawasan yang strategis, dimana udara yang masuk ialah udara higienis dan udara yang kotor bisa mengalir keluar. Alternatif lain yang cukup efektif ialah memakai kipas angin yang membantu membawa polutan di luar. Ruang lain yang perlu ventilasi ialah dapur lantaran memasak bisa menjadi sumber utama polusi udara dalam ruangan, terutama jikalau Anda memakai kompor gas.
Baca juga: Model Angin-Angin Jendela Rumah

Lilin Aromaterapi
Lilin aromaterapi bertindak sebagai pembersih udara alami. Jika Anda suka mengisi rumah Anda dengan lilin beraroma, hindari lilin parafin yang berasal dari minyak bumi dan megnandung benzena, toluena dan jelaga ke udara. Karena lilin ini malah menghasilkan polusi, pilihlah lilin alami yang mengionisasi udara dan menetralkan senyawa toksik dan kontaminan lainnya. Selain meningkatkan kualitas udara di rumah, lilin ini juga menyala lebih usang sehingga Anda tidak perlu sering menggantinya. Sebenarnya lilin murni terbakar hampir tanpa asap atau aroma dan bisa menghilangkan alergen umum ibarat bubuk dari udara.

Tanaman Hijau
Tanaman segar sanggup memurnikan dan meremajakan udara di dalam rumah dan kawasan kerja, menjaga kita dari imbas samping yang terkait dengan racun umum ibarat amonia, formaldehid dan juga benzena. Ini juga cara terbaik untuk mengatasi dampak pencemaran di dalam ruangan, terutama jikalau ada anggota keluarga dengan riwayat penyakit pernafasan. Para hali menyarankan supaya setidaknya ada satu flora dalam rumah berukuran standar untuk membersihkan udara secara efisien. Tanaman terbaik untuk menyaring racun dari udara ialah bunga lily, pohon palem yang gampang beradaptasi, dan masih banyak jenis flora lain. Tanaman segar juga sangat baik ditempatkan di ruang kerja dimana di dalamnya terdapat komputer, printer, faks, dan peralatan elektronik lainnya.
Baca juga: 8 Tanaman Sehat di Dalam Rumah

Minyak Esensial
Dengan adanya minyak esensial ibarat kayu manis, oregano, rosemary, thyme, jeruk/lemon, cengkeh, teh dan jenis minyak lain bisa menahan perkembangan virus, jamur dan basil dalam rumah. Selain itu minyak esensial juga bisa menjadi pewangi alami dalam rumah. Anda bisa mengkombinasikannya dengan lilin aromaterapi supaya balasannya lebih maksimal.

Untuk memaksimalkan pencucian udara dalam rumah kita, lakukan beberapa tips berikut ini:
  • Karpet ialah sarang banyak sekali kotoran sehingga harus sering dibersihkan. Terutama cuilan karpet di erat pintu masuk rumah.
Baca juga: Teknik Membersihkan Karpet Tanpa Air
  • Kurangi kelembaban berlebihan, penumpukan bubuk dan penggunaan produk kimia ibarat cat, deterjen, dan serat sintetis. Untuk membersihkan bubuk gunakan kain lembab untuk menghindari penyebaran bubuk yang lebih parah yang berpotensi mengganggu pernapasan ketika Anda membersihkannya.
  • Berhenti merokok dan mencegah jikalau ada tamu yang akan merokok di dalam rumah Anda.
  • Saat membeli barang-barang rumah tangga, carilah yang alami atau paling tidak bebas dari materi kimia berbahaya.
  • Jika Anda mempunyai flora di rumah, bersihkan daunnya secara teratur untuk menyingkirkan kotoran sehingga flora sanggup berfungsi menyegarkan udara dengan maksimal.
  • Lepaskan bantalan kaki sebelum masuk rumah, atau bersihkan dengan baik. Sepatu dan sandal membawa banyak sekali kotoran, bisa jadi sangat berbahaya bagi kesehatan.
  • Buka jendela hanya di waktu tertentu ketika udara segar, tutup kembali jikalau udara sudah mulai kotor. Dinginkan rumah Anda dengan memakai kipas angin di langit-langit dan meminimalkan penggunaan peralatan penghasil panas.
  • Bersihkan AC secara rutin, perhatikan setiap detial dan kebocoran.

Sumber https://tiperumahminimalis.blogspot.com/

Berlangganan Update Artikel Rumahku Istanaku Gratis: