Advertisement

Rancangan Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur Rumah

Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur Rumah Rancangan Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur Rumah
Kebersihan yakni pangkal kesehatan. Itulah sebabnya menjaga rumah yang higienis akan berdampak besar terhadap kesehatan seluruh anggota keluarga Anda. Rumah yang higienis akan menciptakan orang-orang yang tinggal di dalamnya merasa nyaman dan kondusif dari penyakit. Bagian rumah yang memerlukan perhatian khusus dari segi kebersihan yakni dapur. Dapur merupakan daerah di mana kita memasak dan menyiapkan makanan, dan niscaya akan ada banyak sampah dan sisa-sisa yang sanggup menimbulkan timbulnya kuman dan bakteri.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah: Apakah dapur rumah Anda sudah cukup bersih? Apakah semua peralatan makan dan perabot memasak Anda bebas dari kotoran atau kuman? Hal ini sanggup berdampak besar terhadap kebiasaan dan sangat mensugesti kesejahteraan keluarga Anda.

Anda mungkin beranggapan dapur Anda benar-benar bersih, tapi dapur dengan tingkat sanitasi yang baik tidak hanya dari sekedar penampilan. Bakteri suka hidup dalam kuliner dengan suhu ruangan, sehingga Anda harus sangat waspada wacana daerah penyimpanan kuliner dan pendingin. Jika berbicara wacana lemari es, apakah Anda tahu pengaturan suhu yang tepat? Seberapa sering Anda membersihkan kuliner usang yang sudah tidak begitu segar? Apakah Anda sudah memahami apa itu kontaminasi silang dan bagaimana cara menghindarinya?

Memang banyak yang harus kita pertimbangkan dan mungkin agak sedikit berlebihan. Tapi ini yakni tanggung jawab yang besar untuk menjaga kesehatan keluarga Anda. Oleh lantaran itu kali ini kita akan membahas bersama wacana kebersihan rumah kita, terutama dapur. Secara singkat, kita hanya perlu berkonsentrasi pada tiga hal: penyimpanan, persiapan dan pembersihan. Meskipun Anda tidak begitu memahami wacana standar dapur yang bersih, setidaknya kini Anda menerapkan kebersihan maksimal untuk keluarga Anda.

Kebersihan dapur tidak hanya wacana menyeka wastafel atau mencuci tangan Anda sesudah menyentuh daging mentah. Jika Anda ingin menjaga semua orang dalam rumah tangga Anda bersih, sehat dan aman, perhatikan tiga bidang utama di bawah ini dan ikuti aturan-aturannya.

Penyimpanan: kulkas harus diatur suhunya biar lebih cuek dari 4-5 derajat Celcius, dan freezer harus pada suhu 0 derajat, periksa suhu setiap tiga bulan. Periksa isi kulkas seminggu sekali dan buang makanan-makanan yang sudah melewati batas. Daging mentah, telur, kuliner yang dimasak atau dipotong secara standar hanya boleh berada dalam kulkas tidak lebih dari dua jam.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur Rumah Rancangan Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur Rumah

Persiapan dan memasak: Ketika Anda menyiapkan makanan, selalu ingat hukum sederhana ini: bersihkan, pisahkan, masak, dinginkan. Anda tidak hanya harus menjaga daging mentah terpisah dari kuliner lain, tapi buah-buahan dan sayuran juga sebaiknya dicuci terpisah dari materi kotor lainnya. Selain itu Anda harus mempunyai talenan yang berbeda untuk daging dan materi lain menyerupai buah.

Pembersihan: Ada tidak perlu memakai pembersih kimia di dapur, dan Anda niscaya tidak ingin menggunakannya untuk membersihkan lemari es. Jus lemon dan cuka putih sanggup menjadi alat pembersih terbaik untuk membersihkan dapur: Jus lemon menetralkan bau, cuka yakni disinfektan dan pembersih yang handal, dan keduanya merupakan kombinasi ganda yang cukup untuk dapur Anda. Gunakan botol semprot biar memudahkan saat menjangkau penggalan yang sulit, sedikit pemutih dan air juga sanggup digunakan. Dan jangan lupa membersihkan diri sendiri: Cuci tangan Anda sesudah menangani aneka macam materi makanan, bersin, membuang ingus, memakai kamar mandi, menyentuh hewan peliharaan, dan lain sebagainya. Usahakan memakai air hangat dan sabun, gosok setidaknya selama 20 detik biar kuman dan basil hilang sepenuhnya.
Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur Rumah Rancangan Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur Rumah
Ini hanyalah dasar-dasar dalam menjaga kebersihan dapur, tentu saja Anda sanggup meningkatkan cara-cara di atas sesuai dengan kondisi dapur rumah Anda.

Sumber https://tiperumahminimalis.blogspot.com/

Berlangganan Update Artikel Rumahku Istanaku Gratis: