Advertisement

Rancangan Rumah Ideal Keluarga Kecil

 sangat tergantung pada kebutuhan setiap keluarga yang berbeda Rancangan Rumah Ideal Keluarga Kecil
Rumah ideal sangat tergantung pada kebutuhan setiap keluarga yang berbeda-beda. Ketika kita pertama kali merancang rumah baru, kita punya kesempatan untuk memastikan desain dan rancangan yang sesuai dengan kondisi keluarga kita. Secara umum ada beberapa kriteria yang menjadi faktor utama sebuah rumah dikatakan ideal untuk keluarga.

Unsur-unsur yang menghipnotis rumah ideal contohnya ukuran rumah, desain, interior, lingkungan dan lain sebagainya. Berikut ini yaitu beberapa syarat rumah layak huni supaya keluarga sanggup tinggal dengan nyaman dan aman.

Tata Letak Rumah Ideal
Dua pertimbangan utama ketika mengatur tata letak rumah keluarga Anda yaitu visibilitas dan konektivitas. Pada tahun-tahun awal, orang renta harus bersama belum dewasa sepanjang waktu, tetapi tetap sanggup melaksanakan kegiatan langsung rutin hariannya. Agar berjalan dengan baik, pemilik rumah harus bijaksana untuk menciptakan tata letak dengan perbandingan yang seimbang antara area terbuka dengan ruang langsung untuk kamar yang lebih tenang.

 sangat tergantung pada kebutuhan setiap keluarga yang berbeda Rancangan Rumah Ideal Keluarga Kecil
Ruang tamu rumah ideal

Kombinasi ruang yang paling umum dan sesuai dengan kebanyakan pemilik rumah yaitu dapur, ruang makan dan ruang keluarga. Di ruangan inilah sebagian besar kita menghabiskan waktu sesudah beraktivitas di luar rumah. Aspek penting untuk ruangan utama ini  antara lain pencahayaan alami yang baik, saluran yang gampang ke area lain menyerupai taman, kebun dan kawasan lain yang lebih santai.
Baca juga: Menata Ruang Tamu Yang Menyatu Dengan Ruang Keluarga

Dengan bertambahnya anggota keluarga, belum dewasa niscaya mempunyai banyak barang. Mainan sanggup awut-awutan dimana-mana, Anda harus mencuci pakaian setiap hari, sehingga tentu perlu mesin cuci. Setelah itu bertambah lagi ada kendaraan, sepatu, sepeda, peralatan kerja, dll. Semakin usang rumah akan penuh.

 sangat tergantung pada kebutuhan setiap keluarga yang berbeda Rancangan Rumah Ideal Keluarga Kecil
Ruang penyimpanan rumah ideal

Untuk mengatasi problem ini, buatlah satu ruang khusus sebagai kawasan penyimpanan dengan ukuran yang disesuaikan, dilengkapi dengan lemari atau rak untuk setiap anggota keluarga. Sehingga barang-barang antar anggota keluarga tidak tercampur dan lebih terorganisir. Ruang penyimpanan tertutup sangat anggun untuk menyimpan benda-benda yang tidak terpakai.
Baca juga: Membuat dan Mengatur Tempat Penyimpanan Kreatif

Untuk rumah dua lantai, kita sanggup mempertimbangkan untuk menempatkan WC di kawasan yang strategis, sanggup diakses oleh tamu dengan gampang tapi tetap tersembunyi. Biasanya ruangan ini terletak di lorong antara ruang keluarga yang tetap sanggup dijangkau dengan mudah.

 sangat tergantung pada kebutuhan setiap keluarga yang berbeda Rancangan Rumah Ideal Keluarga Kecil
Ruang kerja rumah ideal

Rumah modern umumnya mempunyai kawasan khusus untuk bekerja, mencar ilmu atau bermain anak. Secara ideal, ruangan ini harusnya terpisah, tapi jikalau luas terbatas tetap sanggup dijadikan satu dengan pembagian yang jelas. Dengan demikian, setiap anggota keluarga sanggup menjalankan aktivitasnya dengan lancar tanpa gangguan.
Baca juga: Mengatur dan Mengorganisir Ruang Kerja di Rumah

Idealnya, setiap kamar tidur mempunyai kamar mandi sendiri, tetapi tidak selalu memungkinkan alasannya yaitu ukuran atau batasan biaya. Sebaliknya, kita sanggup mengatur satu kamar mandi per dua kamar tidur, terutama jikalau di dalam rumah ada kamar tidur utama dan kamar tidur tamu. Teknik ini tidak baku, tentu harus diadaptasi dengan kondisi rumah itu sendiri. Minimal di masing-masing lantai terdapat satu kamar mandi.

 sangat tergantung pada kebutuhan setiap keluarga yang berbeda Rancangan Rumah Ideal Keluarga Kecil
Kamar mandi rumah ideal

Merancang dan mendesain rumah Anda sendiri tentunya merupakan perjuangan paling menantang dan membutuhkan segenap pedoman yang akan harus dipertimbangkan dengan matang. Pada awalnya memang berat, tapi akan memudahkan Anda di masa yang akan datang. Anda tidak perlu merenovasi lagi dalam waktu yang relatif lama.
Sumber https://tiperumahminimalis.blogspot.com/

Berlangganan Update Artikel Rumahku Istanaku Gratis: